Friday 16 October 2015

Cegah Penyebab Sering Buang Air Besar Mulai dari Sekarang !



Sering buang air besar merupakan hal yang cukup mengganggu kegiatan sehari-hari. Ditambah dengan perasaan sakit pada daerah perut, hal tersebut membuat tubuh terasa lemas apalagi sering buang air besar dengan feses atau tinja yang dikeluarkan berbentk cair, sehingga cairan dalam tubuh ikut terbuang dan akhirnya tubuh menjadi dehidrasi (kekurangna cairan). Ada beberapa hal yang menjadi penyebab sering buang air besar diantaranya:

Adanya virus, kuman atau bakteri patogen (penyebab penyakit) yang masuk pada tubuh kemudian menimbulkan infeksi pada sistem pencernaan. Sehingga kerja saluran pencernaan tergangu. Kebersihan lingkungan menjadi salah hal penting yang tidak boleh diabaikan. Ketika musim hujan tiba, air hujan akan membawa sampah atau kotoran, dan pada musim kemarau yang disertai dengan tiupan angin yang kencang membuat lalat sulit untuk dihindari, sehingga membuat proses penularan mudah terjadi. Dan pada saat musim kemarau tiba, selain dari banyaknya lalat juga persediaan air bersih menjadi berkurang, sehingga membuat banyak orang menggunakan air seadanya bahkan sampai cuci tangan pun tidak di perdulikan.

Itulah dua penyebab sering buang air besar secara umum yang terjadi di masyarakat, namun ada juga faktor yang menjadi penyebab lain sehingga diare atau sering buang air besar pada tiap orang berbeda. Untuk menghindari terjadi seringnnya buang air besar maka lihat kembali faktor yang menjadi penyebab di atas. Karena lalat yang hinggap pada makanan merupakan sumber penyakit bagi tubuh, dan kurang memperhatikan kebersihan tangan pula merupakan sumber penyakit, bayangkan oleh anda dalam seharian tangan anda sudah memegang berbagai macam benda yang berada di sekitar anda, yang terlihat bersih namun pada kenyataannya belum tentu.

Maka biasakanlah diri anda beserta keluarga untuk memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar anda, dan biasakan pula untuk mencuci sebelum makan. Gunakan sabun yang ampuh dalam membunuh kuman. Selain dari itu cuci bersih tempat dan makanan yang hendak anda konsumsi agar terhindar dari berbagai macam bakteri yang tak terlihat oleh mata yang mampu menjadi sumber penyakit.




No comments:

Post a Comment