Friday 4 December 2015

Ciri-ciri Penyakit Disentri Pada Orang Dewasa dan Jenis Disentri yang Perlu Diketahui

Disentri merupakan penyakit yang menyerang usus besar, gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah feses yang bercampur dengan lendir dan darah. Penyakit ini bisa dialami oleh anak-anak, dewasa bahkan orang tua. Jika anda memakan makanan yang tidak bersih, maka itu sumber dari penyebab mencret darah atau disentri. Sebenarnya penyakit ini bisa sembuh dalam beberapa harui jika dilakukan pertolongan pertama seperti memberikan makan dan minum yang cukup. Namun jika anda menyepelekannya, maka penyakit ini bisa bertambah parah.

Pada orang dewasa ada dua jenis disentri yaitu yang pertama disentri amoeba yang bisa mengakibatkan diare yang cukup parah karena bisa merusak dinding usus besar yang nantinya akan mengakibatkan ulserasi atau luka pada lapisan mukosa. Yang kedua ada disentri basiler penyebab dari diare jenis ini adalah bakteri shigella. Bakteri ini harus diwaspadai karena termasuk cukup berat, penderita bisa sampai dirujuk ke rumah sakit sampai mengancam jiwa.

Adapun ciri-ciri yang ditimbulkan dari penyakit disentri pada orang dewasa ditandai dengan suhu tubuh yang sangat tinggi, perut terasa mual hingga muntah-muntah,  sakit kram di perut, Selain itu ketika BAB, maka feses yang dikeluarkan akan bercampur dengan darah serta lendir. dan terkadang dibarengi dengan gejala ensefalitis dan sepsis.

Penyakit ini cukup mengkhawatirkan jika anda biarkan, namun jika anda tidak ingin mengalaminya sebaiknya ubah gaya hidup anda menjadi gaya hidup yang sehat dan bersih. Karena sumber utama penyebab mencret darah ini adalah kebersihan yang kurang dijaga sehingga mengakibatkan banyak tumbuh virus. Selain itu, cucilah tangan setelah dari toilet apalagi toilet umum dan juga sesudah dan sebelum makan, jangan sembarangan minum di luar pastikan minuman yang anda minum telah dimasak sebelumnya sampai mendidih atau bisa minum minuman mineral dalam kemasan. Hindari juga minum minuman susu yang belum dipasteurisasi sebelumnya. Ketika anda hendak memakan buah atau sayuran, pastikan makanan tersebut sebelumnya sudah dicuci dengan bersih.

Sebenarnya semua penyakit bisa dihindari, namun karena pola hidup yang kurang diperhatikan maka segala penyakit akan mudah menyerang seperti disentri ini.




No comments:

Post a Comment