Thursday 28 May 2015

Resep Kue Kastengel



Salah satu resep kue yang digemari para ibu rumah tangga adalah resep kastengel. Kue kastengel dikenal dengan rasanya yang gurih dan sensasi kuenya yang renyah sehingga hampir semua kalangan usia sangat menyukainya. Belum lagi salah satu bahan utamanya adalah keju yang mempunyai rasa dan kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan.

Tidak heran jika di hari-hari besar terutama hari besar umat beragama banyak sekali orang-orang yang membuat kue ini untuk dihidangkan di hari tersebut. Salah satu hari besar umat beragama yang di  dalamnya terdapat tradisi membuat kue adalah hari raya lebaran. Hari raya lebaran merupakan hari raya umat Islam yang diselenggarakan setelah seluruh umat Islam menjalani puasa selama kurang lebih 1 bulan lamanya. Tidak heran di minggu-minggu terakhir berpuasa mereka disibukkan dengan membuat berbagai jenis makanan termasuk kue di dalamnya.

Resep kue yang akan saya jelaskan kali ini adalah kue kastengel yang terbuat dari beberapa bahan. di antaranya adalah tepung terigu, margarin, keju edam, roombutter, dan kuning telur. Untuk takaran setiap bahannya bisa disesuaikan dengan banyaknya kue yang ingin anda buat mulai dari setengah kilo terigu dan seterusnya. Cara untuk membuatnya pertama kocok roombutter dan margarin kemudian masukan kuning telur aduk hingga terlihat membusa. Setelah itu masukan tepung terigu secara bertahap alihkan adukan dengan menggunakan tangan agar lebih tercampur sempurna.

Setelah tercampur masukan parutan keju untuk menambah rasa gurih pada kuenya aduk kemudian bentuk adonan sesuai selera. Bariskan dalam loyang yang telah diolesi margarin kemudian olesi permukaannya dengan kuning telur dan taburi keju cheddar yang sudah diparut. Resep kastengel ini juga akhirnya selesai dan kue kastengel siap disajikan setelah dimasak dalam oven hingga matang. Keju yang ada dalam adonan kuenya akan memberikan aroma yang sangat menggiurkan di lidah.

No comments:

Post a Comment