Thursday 17 September 2015

4 Bahan Alami Yang Efektif Dalam Mengatasi radang tenggorokan


Makanan merupakan sumber energi bagi setiap makluk hidup tak terkecuali adalah manusia. Namun makanan yang tiap kali kita konsumsi kerap kali menimbulkan berbagai gangguan saluran pernapasan seperti radang tenggorokan. Bila sudah begini berbagai upayapun dilakukan demi mengatasi radang tenggorokan yang cukup mengganggu dalam aktifitas. Berikut ada 4 bahan alami yang efektif dalam mengatasi radang tenggorokan yang mungkin bermanfaat bagi anda 

  1. Wedang jahe. Jahe merupakan sejenis tanaman yang mengandung ekspektoran. Ekspektoran sendiri sejenis zat yang efektif untuk membunuh virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan. Untuk meredakan radang tenggorokan, anda bisa membuat secangkir wedang jahe dan meminumnya disaat tenggorokan terasa sakit.
  2. Sari kunyit. Kunyit merupakan tanaman dengan berbagai kasiat, salah satunya adalah untuk mengobati radang tenggorokan. Untuk mengobati radang tenggorokan, anda dapat memarut 1 buah kunyit ukuran ibu jari lalu ambil sarinya. Agar efektif anda dapat menambahkan madu dalam campurannya dan meminumnya sedikitnya 2 kali dalam sehari.
  3. Bawang putih. Bawang putih mengandung sejumlah senyawa seperti alicin. Alicin sendiri merupakan sejenis zat yang dapat membunuh virus dan bakteri tak terkecuali adalah penyebab radang tenggorokan. Untuk meredakan radang tenggorokan, anda dapat langsung mengunyah 1 siung bawang putih sebagai antibiotik secara alami. Anda dapat mengunyahnya kapanpun pada saat tenggorokan terasa sakit karena bawang putih tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebih. 
  4. Jeruk lemon. Jeruk lemon termasuk jenis buah yang mengandung ekspektoran. Seperti kandungan dari tanaman jahe, kandungan ekspektoran dari jeruk lemon juga bermanfaat untuk membunuh virus dan bakteri terlebih penyebab dari radang tenggorokan. Agar efektif untuk membunuh virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan, anda bisa menambahkan sedikit madu dalam campurannya dan meminumnya sedikitnya 2 kali dalam sehari.

Itulah sedikit dari banyaknya bahan alami yang efektif dalam mengatasi radang tenggorokan. Untuk mencegah virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan menyerang tubuh anda, ada baiknya anda selalu menerapkan mencuci tangan sebelum makan dengan menggunakan sabun anti kuman seperti lifebuoy.   


No comments:

Post a Comment