Wednesday 24 February 2016

Ciri-ciri Penyakit disentri pada Orang Dewasa


Disentri adalah suatu penyakit pencernaan yang menyerang usus besar. Pada usus terjadi infeksi atau peradangan yang disebabkan oleh bakteri entamoeba histolytica. Ciri penyakit disentri yang paling utama dan mudah diidentifikasi yaitu mengalami diare yang cukup parah. Penyakit disentri ini tidak hanya dialami oleh anak-anak, tetapi sering dialami juga oleh orang dewasa. Kebiasaan makan makanan yang tidak sehat dan jarang mencuci tangan ketika hendak makan  menjadi salah satu faktor utama penyebabnya, penderita akan mengalami diare akut, ketika bang air besar akan mengeluarkan darah. Pada orang dewasa kebiasaan memakan segala macam jenis makanan menyebabkan usus besar tidak mampu menyaring makanan dengan baik sehingga bakteri mudah masuk kedalam usus melalui makanan yang dimakan.

Penyakit disentri pada orang dewasa biasanya suhu tubuhnya tinggi sekitar 39, 50°c – 400°c, selain itu penderita akan mengalami muntah-muntah, merasakan sakit kram diperut, dan merasakan sakit di anus ketika buang air besar terkadang juga dibarengi dengan gejala sepsis (keracunan  yang disebabkan oleh hasil proses pembusukan) dan ensefalitis. Diare yang dibarengi dengan lendir serta darah didalam tinja frekuensi buang air besar pada penderita penyakit disentri biasanya akan lebih sedikit, penderita akan mengalami kolik atau merasakan sakit perut yang sangat hebat dan hal tersebut tidak bisa disepelekan begitu saja.


Untuk meminimalisir agar tidak mudah terkena penyakit disentri atau diare, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan dan kebisaan pola hidup sehat. Jika sedang bepergian jauh atau sedang di luar rumah jangan meminum minuman sembarangan, kecuali meminum minuman yang sudah ada di dalam botol agar mudah meminimalisir bakteri dan virus yang masuk pada tubuh anda. Disentri bisa terjadi kapan saja, usahakan ketika memakan buah atau sayuran di cuci terlebih dahulu dengan air bersih,  setelah menggunakan toilet apalagi toilet di tempat umum cucilah tangan anda dengan sabun kesehatan agar tetap selalu bersih. jika anda mengalami hal yang terdapat pada ciri penyakit disentri diatas lakukan pengobatan dan ubah pola kebiasaan hidup agar menjadi lebih sehat.

No comments:

Post a Comment