Thursday 23 June 2016

Cara Membuat Kue Kering Yang Khas


'Bagi setiap negara, kuliner atau masakan merupakan bagian dari Identitas negara itu sendiri. Setiap negara pastinya memiliki ciri khas maupun cita rasanya sendiri. Di Indonesia lain lagi, kuliner antar daerah atau antar etnis sejatinya memiliki kekhasannya masing-masing. Dari keragaman makanan antar etnis atau daerah tersebut, sejatinya membentuk sebuah Identitas negara bernama Indonesia. Seorang sejarawan bernama Ben Anderson, pernah menuliskan dalam bukunya tentang “Komunitas Terbayang”. “Komunitas Terbayang” ala Ben Anderson ini merujuk pada identitas bangsa Indonesia yang sangat plural, baik itu dari segi etnis, agama bahkan ideologi. Begitupun dalam kuliner, “Komunitas Terbayang” dalam kuliner bisa diartikan sebagai kumpulan masakan khas dari tiap daerah yang membentuk sebuah identitas kuliner sebuah negara. Masakan antar daerah sejatinya berbeda-beda, ada yang manis, gurih, pedas, dll. Tetapi, penting bagi setiap masyarakatnya untuk selalu memahami perbedaan masakan tersebut. Pada era modern ini, tentunya kita akan mengenal banyak makanan yang memiliki lingkup trans lokal, salah satunya ialah kue kering. Cara membuat kue kering sebenarnya tidak memiliki banyak perbedaan antar daerahnya. Membuat nastar, kue keju, dll kurang lebih sama. Tetapi yang membedakan ialah bahan (toping). Banyak gagasan yang bisa membuat kue tersebut terlihat menarik dan enak. Akan tetapi, jarang sekali orang yang membuat kue kering memiliki ciri khas kedaerahannya.

Dengan seragamnya cara membuat kue kering dalam lingkup trans lokal di Indonesia, sejatinya merupakan sebuah kemunduran. Bagaimana tidak, Indonesia yang kayak akan keragaman ciri khas masakannya bisa di sama ratakan dalam membuat kue kering. Sebagai pelariannya, kue kering yang di buat pun ikut-ikutan dari wilayah lain. Dalam hal ini, membuat kue kering bukan lagi di maknai sebagai membuat masakan seperti biasanya. Tetapi dalam hal ini kue kering di maknai sebagi sebuah identitas.

Cara membuat kue kering pada dasarnya sangat banyak sekali di temukan, terutama di internet. Tetapi, penting bagi setiap orang yang membuat kue kering untuk memunculkan kekhasan identitasnya lewat rasa. Hal ini sejatinya masih belum banyak di lakukan.


No comments:

Post a Comment