Monday 25 January 2016

Cara Mengatur dan Mengelola Keuangan Keluarga agar Terkendali


Mengurus keuangan sudah tentu harus dilakukan oleh setiap keluarga agar pengeluaran dan pemasukannya seimbang. Apalagi bagi pengantin baru yang belum lama menikah pasti banyak yang belum memiliki penghasilan tetap sehingga mereka harus benar-benar mengelola keungan agar mencukupi segala kebutuhan rumah tangga. Bayangkan jika sesorang tidak bisa mengatur keunagan maka tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan hutang dan kritis ekonomi. Apalagi bagi mereka yang sebelum menikah terbiasa dengan gaya hidup mewah dan glamour maka anda pasti merasa kesulitan dalam mengatur keuangan . Oleh sebab itu mulailah belajar mengatur dan mengelola keunagan keluarga anda.

Melihat kejadian diatas, maka disini saya akan membantu anda dalam menyikapi pengaturan keuangan berikut saya menyajikan informasi mengenai cara mengatur dan mengelola keunagan keluarga.

Yang pertama yang harus anda lakukan dalam mengatur keuangan yaitu menghitung jumlah penghasilan yang anda diterima setiap bulannya, kemudian anda lebih spesifikasikan lagi dengan mengelompokkan penghasilan bersih anda, setelah mengetahui pengasilan bersih anda dalam satu bulan, kemudian anda sebaiknya membuat daftar tagihan ang harus anda bayar, misalnya tagihan listrik, tagihan air pam, tagihan sewa mobil/motor, atau tagihan sejenis lainnya yang harus anda cicil tiap bulannya.selain itu anda juga harus membuat daftar belanjaan yang penting, yang sekiranya harus diutamakan. Misalnya makanan pokok dan biaya yang tak terduga lainnya siapa tau keperluannya mendesak. Setelah membuat daftar hal-hal penting, setidaknya anda juga harus bisa membaginya dengan menyisipkan sejumlah uang untuk keperluan pribadi yang sebenarnya tidak terlalu penting tapi tetap harus difikirkan seperti pakaian, aksesoris, hiburan, liburan dan juga sumbangan untuk orang yang kurang mampu. Dan jangan lupa menyisihkan terlebih dahulu pendapatan anda untuk ditabung.

Itu tadi cara-cara yang bisa anda terapkan dirumah anda untuk mengatur keungan keluarga anda agar tersusun secara rapi dan sistematis sehingga tidak terjadi kekeliruan antara pendapatan dan pengeluaran dan menjadi terkendali. Selain dari mengatur keuangan, anda juga dapat bergabung dengan futuready, disini anda boleh bertanya kepada para ahli dalam mengatur keuangan anda, untuk bergabung dengan kelompok ini anda hanya perlu mendaftarkan diri secara online tanpa dipungut biaya sepeserpun, daftarkan diri anda segera.

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai cara mengatur dan mengelola keuangan keluarga, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment